Pages

Minggu, 29 Desember 2013

Pentingnya Menjaga Kesehatan Lingkungan

Kesehatan Lingkungan sangatlah menentukan kualitas akan kesehatan masyarakat. Salah satu kebutuhan paling penting terhadap kesehatan lingkungan ialah masalah air bersih, sampah dan sanitasi, yakni kebutuhan akan air yang bersih, pengelolaan terhadap sampah dan limbah yang tiap hari diproduksi oleh masyarakat dan juga pembuangan air limbah yang secara langsung dialirkan di saluran air atau sungai
Kegiatan yang dilakukan pada sekitar daerah aliran sungai menyebabkan terjadinya pendangkalan saluran air atau sungai, dengan tersumbatnya saluran air atau sungai, Saat waktu musim penghujan selalu terjadi banjir serta akan banyak menimbulkan penyakit. 

 
Lalat yang hinggap di sampah atau di permukaan air limbah atau juga tikus got yang masuk ke dalam saluran air limbah bisa membawa beberapa kuman yang menyebabkan penyakit. Jika lalat ataupun tikus itu menyentuh makanan ataupun minuman maka kemungkinan besar orang yang memakan atau minum akan dapat menderita sejumlah penyakit. Begitu juga dengan anak-anak yang bermain ataupun orang dewasa yang bekerja di dekat ataupun mengalami kontak secara langsung terhadap air limbah serta sampah bisa terjangkit sejumlah penyakit. terlebih jika tidak membersihkan dengan baik anggota badan lebih dulu. septic tank ataupun unit pengelolahan air limbah terpusat dibutuhkan demi mengolah air limbah sebelum dibuang ke sebuah badan air. Selain demi mencegah pencemaran, baik itu organisme penyebab penyakit, pengelolahan air limbah bertujuan agar dapat mengurangi beban pencemaran serta menguraikan pencemaran sehingga dapat memenuhi syarat standar kualitas saat dibuang kesebuah badan air penerima.
Sampah serta limbah banyak mengandung bermacam unsur seperti gas terlarut, zat padat terlarut, minyak serta lemak dan juga mikroorganisme. Mikroorganisme yang terdapat pada sampah serta  limbah dapat berupa organisme pengurai dan penyebab penyakit. Penanganan terhadap sampah dan limbah yang tak baik seperti pembuangan kotoran dan sampah ke dalam saluran akan mengakibatkan penyumbatan dan mengakibatkan  timbul genangan yang akan mempercepat perkembangbiakan mikroorganisme serta kuman penyebab penyakit, serangga serta mamalia penyebar penyakit. Hidup yang sehat dan bersih bisa diartikan sebagai hidup pada lingkungan yang mempunyai standar kebersihan serta kesehatan dan menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat bisa memberi efek secara langsung pada kualitas kesehatan masyarakat. Kesehatan masyarakat akan lebih baik bila Lingkungan di sekitarnya baik pula. Dan begitu juga sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar